Selasa, 28 Oktober 2008

Prepare for Riding!

Banyak bikers yang mengabaikan satu hal ini pas mau riding. Persiapan fisik!

Ini penting banget Bro! Soalnya berhubungan langsung ama keseimbangan yang menyita energi dan konsentrasi. Berikut ada cara-cara gampang buat siapin fisik pas mau riding.

Makan teratur dengan menu sehat dan cukup asupan gizi. Hal ini menjaga ketersediaan energi yang cukup selama berkendara. Minuman saat berkendara juga penting untuk diperhatikan. Dianjurkan minum minuman isotonik yang mampu mengganti ion tubuh yang hilang sebelum dan selama berkendara. Ini demi menjaga konsentrasi tetep fokus di jalan nanti. Banyak minum juga dianjurkan di negara tropis seperti Indonesia. Jangan sampai kekurangan cairan yang berakibat pada terhambatnya sirkulasi darah dan oksigen.

Menurut Dr. Aviandy Sukarto, Msc. Sp.K.P menerangkan jika seseorang kekurangan cairan, maka darahnya akan mengental. Ini berpotensi besar memicu serangan darah tinggi. Rider bisa black out alias semaput dan akhirnya mental deh dari motor kesayangan. Sang Dokter menyarankan untuk minum minimal 4 liter air putih tiap harinya.

Menjaga kelenturan otot juga penting peranannya terhadap keselamatan berkendara. Otot yang kaku tidak mampu bereaksi dengan baik saat keadaan darurat. Ini juga bisa mencegah masuk angin. Lakukan pemanasan berupa peregangan dan relaksasi otot dan tulang. Tapi jangan sampai energi habis Cuma buat pemanasan doank! Cool aja!

Untuk perangkat keselamatan, direkomendasikan untuk memakai prioitas keselamatan. Bukan gaya semata! Helm wajib fullface yang bisa diandalkan saat menghadapi terpaan angin, debu dan sinar matahari. Helm fullface terbukti mampu mengurangi dampak benturan saat kecelakaan. Pelindung dada diperlukan untuk mengurangi efek terpaan angin terhadap tubuh pengendara. Untuk pengendara harian, resiko terkena radang paru-paru besar jika tidak menggunakan jaket dan pelindung dada yang sesuai. Selain itu, sepatu yang menutupi sampai mata kaki adalah perangkat wajib lainnya. Diwajibkan pula memakai celana panjang yang tebal dan tidak gombrong. Waspada terhadap radang sendi lutut akibat terpaan angin yang dingin.

Buanyak sekali yang harus disiapin untuk sebuah upacara berkendara. Tapi yang pasti semua itu sebanding dengan keselamatan yang diperoleh. Selamat Berkendara!!!

Tidak ada komentar: